MATA RAKYATMATA SRIWIJAYAPOLITIK

Surat Suara Dicetak di Surabaya

MATA ANGIN, Muaraenim – Surat suara yang akan dicoblos pada masyarakat pada Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Muaraenim pada 27 Juni mendatang telah selesai divalidasi KPUD.

Surat suara bergambar empat pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati Muaraenim akan dicetak di Surabaya. Perusahaan yang memenangkan tender cetak surat suara tersebut berasal dari Surabaya yakni PT Temprina Media Grafika beralamat di Jl Karah Agung nomor 4, Surabaya. “Tender surat suara ini dilakukan oleh KPU RI, kita hanya menerima saja, tetapi anggaran cetak itu dari kita,” jelas Ketua KPU Muara Enim, Rohani SH melalui Komisioner Divisi Teknis Ahyaudin, Selasa (3/4/2018).

Surat suara yang akan dicetak itu dengan kertas berukuran 36×23 cm, dengan latar belakang bendera merah putih berkibar. Kemudian di samping atas sebelah kiri atas berlogo KPUD dan di sebelah kanan atas surat suara berlogo Pemkab Muaraenim.
Dijelaskannya, jumlah surat suara yang akan dicetak sesuai dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) ditambah dengan 2,5 persen surat suara cadangan.

“Surat suara akan dicetak 30 hari sebelum pelaksanaan pemilihan,” jelasnya. Kenapa 30 hari sebelum pemilihan dicetak? Ahyaudin menjelaskan hal itu tujuannya apabila ada pasangan calon bupati dan wakil bupati yang mengalami halangan tetap, maka bisa diganti.

Dia juga menjelaskan, saat ini jumlah surat suara yang akan dicetak belum bisa ditentukan, karena masih menunggu hasil verifikasi DPT. (satria/red02)

Tags
lihat lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker